KUALITAS KITA

KUALITAS KITA

 

Bentuk dan besaran masalah masing-masing orang jelas berbeda,

yang berarti berbeda pula cara menyelesaikannya.

Semua tergantung karakter masing-masing yang mengalaminya.

 

 

Karyaku2

Setiap manusia pasti memiliki masalah, karena itulah bukti bahwa kita masih hidup di alam dunia dan menjalani kehidupan normal seperti kebanyakan orang mengalaminya. Bentuk dan besaran masalah masing-masing orang jelas berbeda, yang berarti berbeda pula cara menyelesaikannya. Semua tergantung karakter masing-masing yang mengalaminya.

 

Beberapa masalah datang begitu saja tanpa kita duga. Namun kadang kala kehadirannya merupakan imbas yang bisa dibilang kita sendiri yang mencarinya, akibat kesalahan yang telah kita perbuat. Karena tak mungkin semua hal bisa dikendalikan dan disesuaikan dengan keinginan kita, sehingga seringkali kita terpaksa menerima apa pun akibat perbuatan yang kita lakukan.

 

Cara kita menilai sebuah masalah akan menentukan sikap dalam menghadapi dan menyelesaikannya. Orang yang menganggap masalah sebagai hukuman, tentu saja akan menghindari datangnya suatu masalah, atau malah melarikan diri, ketika masalah datang. Karena ia selalu berpikir bahwa masalah akan membuat hidupnya sengsara dan menderita. Berbeda dengan mereka yang menganggap masalah sebagai ujian dari Tuhan-Nya. Karena ujian berarti sesuatu yang harus ditempuh untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi, maka masalah akan dihadapi dengan sungguh-sungguh untuk dicari solusinya dan diselesaikan, guna mendapatkan nilai untuk tumbuh ke level berikutnya. Begitu juga dengan orang yang menganggap masalah sebagai sarana memperbaiki kesalahan. Dia akan bersungguh-sungguh menerima dan menjalaninya dengan sabar, karena tahu pasti bahwa setelah masalah berlalu, ia akan menjadi pribadi yang lebih baik darl sebelumnya.

Begitulah, bagaimana masalah bisa menentukan kualitas kita, bisa anda temukan di tulisan saya dalam buku “Ya Allah, Mengapa Ujian-Mu Seberat Ini? bersama penulis ahmad Rifa’i Rif’an

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.