Menjadi Penulis Buku Bestseller Ala Ahmad Rifa’i Rif’an

Menjadi Penulis Buku Bestseller Ala Ahmad Rifa’i Rif’an

 

Menjadi Penulis Buku Bestseller Ala Rifa’i Rif’an

 

Bulan Oktober kemarin beberapa harinya saya isi dengan membongkar harta karun..kenapa disebut harta karun. Sebab, saya mendapat penawaran beberapa buku keren — salah satunya buku “Beginilah Cara Saya Nulis Buku Bestseller” yang akan dibahas kali ini — dengan harga paket discount. Bersyukur banget ya.

Membaca judulnya tentang menulis buku bestseller pasti akan langsung connect ke penulisnya dong. Sebuah buku yang isinya membahas cara membuat buku bestseller akan terasa seperti sebuah bualan jika ditulis oleh orang yang tidak pernah membuat buku bestseller. Nah, untuk penulis satu ini, tidak diragukan lagi. Saya tahu persis — karena memang punya bukunya — Mas Rifa’i banyak menerbitkan buku bestseller.

Beberapa buku Ahmad Rifa’i Rif’an yang masih bestseller  di antaranya: Tuhan, Maaf, Kami Sedang Sibuk, Nikah Muda, Siapa Takut?, Izrail Bilang, Ini Ramadhan Terakhirku.  Dan masih banyak lagi yang lainnya

 

Tentang Buku Ini

Gambaran Singkat Buku Beginilah Cara Saya Menulis Buku Bestseller

 

Buku yang saya golongkan sebagai buku How To ini, memang membahas tentang tips membuat buku bestseller. Tetapi, sayangnya buku ini tidak menjadi buku bestseller seperti buku-buku yang diceritakannya.

Buku ini tersaji dalam rangaian bab tinggal yang masing-masingnya merupakan trik untuk membuat buku bestseller. Ada total 32 trik yang bisa diikuti sebagai pedoman jika ingin membuat buku bestseller

 

Rangkaian Kalimat yang Sederhana dan Mudah Dipahami

 

Menurut penilaian saya sendiri, kunci utama banyak buku Mas Rifa’i menjadi bestseller adalah rangkaian Kalimat yang disusunnya menjadi buku, begitu sederhana dan mudah dipahami. Juga bisa dikonsumsi banyak pihak meskipun dengan kepercayaan yang berbeda dari yang dimakaud bukunya.

Inilah satu-satunya trik yang tidak ada dalam buku ini, tetapi yang menjadi poin utama buku-buku Mas Rifa’i serta tidak bisa diduplikasi begitu saja. Sebab, menulis buku dengan bahasa yang simpel mengalir dan enak dibaca, butuh jam terbang tinggi untuk membentuknya.

 

Bestseller itu Wajib

 

Widih, berat banget kali, ya, jika menargetkan bestseller setiap kali kita menulis buku. Tetapi, menurut penulis keren ini, menargetkan wajib bestseller untuk setiap buku yang akan ditulis, benar-benar poin penting. Bila Kita sudah meniatkan begitu, secara otomatis, Kita akan fokus dan mencurahkan segenap upaya yang dipunya untuk menulisnya. Dengan kata lain akan membuat kita tidak menulis secara sembarangan dan asal-asalan.

Mewajibkan bestseller untuk setiap buku yang dibuat, juga sejalan dengan keinginan meluaskan manfaat dari buku tersebut. Maksudnya, dengan status bestseller otomatis yang membaca buku jenis ini pasti lebih banyak dibanding buku biasa. Sehingga sudah pasti akan semakin banyak orang yang berinteraksi dengan semua pemikiran yang Kita bagikan dalam buku.

Mewajibkan buku yang kita tulis menjadi bestseller juga akan mengaktifkan roda perekonomian banyak pihak. Sebab, untuk saru jenis buku terbit, banyak pihak yang terlibat di dalamnya selain penulis. Ada editor, penerbit, percetakan, agen distribusi buku dan toko buku yang menjual langsung kepada pelanggan. Artinya, dengan membuat buku bestseller Kita akan menjadi perpanjangan Kuasa Tuhan menjadi rezeki buat banyak orang.

 

Antara Idealisme dan Selera Pasar

 

Ada anggapan bahwa buku-buku bestseller kebanyakan mengikuti selera pasar yang seringnya bertentangan dengan idealisme yang diusung penulis. Pendapat ini ada benarnya juga, meskipun tidak sepenuhnya benar. Sebab Kita selalu bisa memilih untuk menulis yang diminati pasar dengan tetap mengusung idealisme menulis masing-masing.

Memang tidak mudah. Tetapi, jika sudah pernah melakukannya, akan lebih mudah membiasakannya.

Salah satu cara menulis buku bestseller dengan tema sesuai selera pasar tanpa mengorbankan idealisme penulis adalah menggunakan momentum. Artinya Kita menulis sesuai tema yang sedang trend saat itu dan dicari banyak orang.

 

Beberapa Trik Menulis Buku Bestseller Ala Ahmad Rifa’i Rif’an

 

Tidak kurang dari 32 trik menulis buku bestseller yang disajikan dalam buku ini. Tetapi saya akan membahas yang menurut pertimbangan saya mudah diikuti. Paling tidak oleh saya sendiri. 😀

Beberapa Trik itu adalah :

1. Bikin judul buku yang jleb (halaman 19)

 

2  Pertanyaan semua orang (halaman 29)

 

3. Antisipasi Momentum (halaman 37)

 

4. Judul nggak mainstream (halaman 41)

 

5. Tema yang ngga ada matinya (halaman 65)

 

6. Sentuh jiwa pembaca (halaman 69)

 

7. Pelajari buku-buku yang telah bestseller

 

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.